Rabu, 27 September 2017

5 Tips Design Kamar Tidur Anak

Maestro Blog - Membiasakan anak tidur sendiri tentu merupakan hal yang baik. Ia akan terbiasa mandiri. Andapun juga akan memiliki privasi di kamar Anda. Agar anak betah, Anda harus mempersiapkan kamarnya dengan baik. Salah satu hal penting yang harus disiapkan ialah design kamar. Jika menyukai design kamar, tentu ia akan mudah menyesuaikan dirinya. Mendesign kamar anak tentu berbeda dengan mendesign kamar orang dewasa. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak tips berikut ini untuk mempersiapkan design kamar anak dengan baik.

1. Memilih warna yang sesuai dengan anak-anak, namun tidak terlalu kekanakan


Seperti kamar lainnya, pemilihan warna pada kamar anak merupakan hal penting. Kunci pemilihan warna ialah tidak terlalu gelap serta tidak terlalu terang. Bila kombinasi warna membuat kamar gelap, ia tidak akan nyaman beraktivitas. Begitu juga kombinasi warna terlalu terang yang membuat mata mudah lelah. Contoh pilihan warna yang baik ialah penggunaan warna medium pada dinding. Warna tersebut tidak terlalu gelap serta tidak terlalu terang. Anda juga dapat menggunakan warna-warna jenuh yang terang. Warna yang jenuh cenderung lebih mudah diterima oleh mata. Contohnya ialah kuning muda, biru muda, serta hijau muda. Bagaimana dengan putih? Warna putih di kamar anak tidak terlalu disarankan. Pada tempat yang kosong, dinding putih memberikan kesan yang sunyi dan sepi. 

2. Menggunakan furniture Anda dan anak Anda sukai


Anak Anda mungkin tergila-gila pada model sofa yang ada di kartun kesayangannya. Namun, pada akhirnya, ia akan membiarkan benda tersebut. Bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya? Ya, sofa tersebut akan dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, ketika membeli furniture untuk anak, pastikan anda juga menyukainya. Bila furniture tersebut tidak dibutuhkan lagi, Anda dapat menggunakannya di ruangan lain. Jadi, pastikan furniture di kamar anak Anda juga matching di ruangan lainnya.

3. Menambahkan mainan serta aksesoris kamar


Anda memang harus melengkapi rumah dengan furniture. Namun, anak Anda masih kecil. Selain furniture, Anda juga harus menyediakan mainan seperti lego dan mobil-mobilan. Sediakan rak untuk menyimpan mainan ia. Bila ia sudah besar, rak tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain. Selain mainan, tambahkan juga aksesoris-aksesoris yang menghiasi kamar anak Anda. Anda dapat membeli wall sticker atau miniatur tokoh kartun kesukaan ia. Buatlah suasana kamar ia menjadi menyenangkan dan nyaman ditempati.

4. Mengombinasikan dua hingga tingga pola pada kamar


Anda yang suka pola tentu akan menggabungkan banyak pola di kamar Anda. Namun, Anda tidak boleh melakukannya di kamar anak Anda. Anak-anak pada umumnya mudah membuat kamar berantakan. Kombinasi pola yang banyak tentu akan membuat kamar anak terlihat lebih berantakan lagi. Jadi, kombinasi pola pada kamar anak harus dibatasi. Anda cukup menggunakan 2 hingga 3 pola di kamar ia. Jumlah tersebut sudah cukup bila diimbangi dengan banyaknya mainan yang ia miliki. Agar lebih menarik, Anda juga dapat memvariasikan ukuran polanya. Satu pola berukuran paling besar, satu pola medium, serta satu pola kecil.

5. Mendesign kamar tidur yang simetris


Kamar tidur non-simetris memang terdengar menarik. Namun, kamar tidur simetris membuat mata Anda lebih nyaman melihatnya. Sementara itu, kamar non-simetris lebih membuat Anda lebih lama memahami ini ruangan. Otomatis, mata Anda juga harus bekerja lebih untuk melihatnya. Untuk kamar anak, bentuk simetris juga lebih disarankan.


EmoticonEmoticon