Sabtu, 16 September 2017

Ketombe dan Cara Menghilangkannya

Maestro Blog - Ketombe juga disebut sindap dan kelemumur ini merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sebenarnya sel kulit mati yang terkelupas merupakan suatu yang alami. Namun ada juga yang berlebihan bahkan sampai mengalami iritasi. Inilah yang perlu diwaspadai. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampo khusus atau dengan pengobatan bebas. Bila mengalami ketombe, hindari menggaruk bagian kepala secara berlebihan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, bahkan bisa meningkatkan resiko infeksi.


Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali. Sedangkan, pada orang tanpa ketombe siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Ketombe juga bisa disebabkan kurangnya nutrisi, untuk itu makan makanan yang bergizi juga dapat menghindari ketombe. Bagi Anda yang berketombe, dianjurkan untuk mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampo yang tepat akan mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala yang baik, memcah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati menjadi serpihan sehingga dapat terlihat.
Selain shampo, ada juga beberapa bahan yang dapat membantu untuk menghilangkan ketombe, diantaranya lemon, baking soda, minyak kelapa, cuka apel, lidah buaya dan lain-lain.

Lemon, sari lemon dapat membantu untuk menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Hal ini dapat mencegah jamur tinggal di kulit kepala yang dapat menghasilkan ketombe. Lemon juga dapat berperan untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Caranya cukup mengambil air perasan lemon dan diusapkan di kulit kepala dan diamkan selama 20-25 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo. Anda juga dapat menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa pada sari lemon untuk menambah vitamin E.


Anda pasti pernah mendengar istileh Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan istilah lidah buaya. Tanaman satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti menghilangkan jerawat, menghilangkan komedo, juga mengatasi ketombe pada kulit kepala. Gel dari lidah buaya ini memiliki efek dingin yang dapat meredakan gatal dan peradangan pada kulit kepala. Caranya mudah, dengan cara ambil 1 tangkai lidah buaya dan keluarkan gel yang ada didalam daging daunnya. Kemudian oleskan gel lidah buaya merata pada seluruh kulit kepala sambil lakukan pemijatan lembut, diamkan selama 10-15 menit kemudian lanjutkan dengan keramas seperti biasa.


Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya ketombe seperti, sering menyisir rambut, rajin mencuci rambut, kurangi penggunaan hairspray dan juga hairdryer dan lain-lain. Jagalah kulit kepala dan rambut selalu dalam kondisi sehat dan semoga rambut Anda terbebas dari ketombe.


EmoticonEmoticon